Tag Archives: #KelasInspirasiBandung

Empat dari SDN Isola

ada banyaaak sekali Kawan-kawan Kecil dari SDN Isola yang sudah mengajak/diajak berkenalan sepanjang Hari Inspirasi. tapi memang tidak kesemuanya bisa aku ingat dengan baik *hampura*

nah, keempat Jejaka Cilik ini (yang kebetulan murid kelas 4 semua nih ya) adalah sedikit dari mereka yang sempat leluasa berinteraksi cukup lama dan jadi punya cerita gitu deh denganku, heuheu.

emmm, aku kenalkan kalian dengan mereka yaaaa ~,~/

# # #

Luqman (foto oleh kuke)
Luqman (foto oleh kuke)

namanya Luqman. tercatat sebagai murid kelas 4 SDN Isola. hari itu (kebetulan bertepatan Rebo Nyunda) ia mengenakan Baju Pangsi. senyumnya memang tidak berlebihan. tapi terlihat jelas kok ia sangat sangat sangat berusaha menikmati kegiatan di kelas bersama dua temannya yang duduk di deret belakang dekat pintu, Justin dan yang-bukan-Justin (aduuuh, hampura Adek, aku lupa namamu *deziiig*).

lewat pukul 10 pagi sepertinya menjadi saat-saat kritis buat Luqman. sudah terindikasi ia mulai kebosanan dan memang sempat terlontar “bosan” waktu aku bertanya kenapa tidak sedikit pun ia membuat kegaduhan, melainkan berusaha menyamankan diri sendiri (jadi ingat seseorang yaaaah kalau sudah mulai tidak betah duduk manis *nunjuk ke diri sendiri*) yang tak ayal membuat si yang-bukan-Justin tampak lebih dewasa (Luqman sempat merebahkan kepala di pangkuan teman semejanya itu, heuheuheu).

hal tersebut tidak bertahan lama. beberapa menit kemudian Luqman sudah mulai sibuk lagi merentangkan Kain Ikat Kepalanya di meja lalu dilipat sedemikian rupa. semenit, dua menit, tiga, lupa tepatnya di menit ke berapa tiba-tiba ia berbalik melihat ke arah ku dan dengan manisnya (plus senyum khas kanak-kanak tentu) berkata, “Teteh, ini ada kiriman pesan.” — psst, coba perhatikan bentuk lipatan Kain Ikat Kepala milik Luqman. mirip icon “email” atau “message” kan? ~3~

namanya Luqman. tercatat sebagai murid kelas 4 SDN Isola. hari itu, di Hari Inspirasi, ia seperti menjelma jadi cerminku sendiri. aku jadi ingin berterima kasih pada Ibu/Bapak Guru/Dosen yang bersedia memberiku kegiatan lebih setiap kali mulai baeud kebosanan agar tidak mengganggu yang lain. di masa-masa sekolah/kuliah siapa yang berlaku jadi yang-bukan-Justin buatku ya? >__<

# # #

Hilmi (foto oleh kuke)
Hilmi (foto oleh kuke)

kalau yang ini namanya Hilmi. kebetulan sama seperti Luqman, murid kelas 4 SDN Isola juga, namun berbeda kelas dan kebetulan badannya lebih besar pula. aku sempat iseng-iseng mampir ke kelasnya yang bersebelahan 4B (kelas Luqman, Justin, dkk), mengintip kegiatan Pak Ketu a.k.a Dito. Hilmi adalah Bocah pertama termudah aku temui karena ia duduk tak jauh dari pintu belakang kelas tempatku masuk.

“kenapa ga ikut gambar di depan?”, tanyaku.

“ga ah. males.”, katanya dengan gaya cuek sambil membiarkan aku ikut duduk di sebelahnya, di atas meja (kesukaanku bangeeeet duduk di atas meja, heuheu)

beberapa menit ambil nafas, segerak dua gerak klak klik, aku mengambil gambar dengan si Niki. tanpa aba-aba aku berbalik lalu memotretnya, dan yang dipamerkan (sampai 2-3 kali) itu adalah gaya paling kiri dari ketiga foto yang aku jadikan satu kolase ini.

“kenapa gayanya cool gitu? senyum maniiis gini ga bisa?”, tanyaku lagi sambil pamer senyum-gigi-ala-aku.

“ga. ga bisa.”, sembari tanpa sadar Hilmi sudah pasang senyum seperti terlihat di kotak kedua ^,^v — buyar senyum cool-nya dipancing senyum-gigi yaaaa >_<

meski begitu, ketika aku hendak memotret Kertas Cita-citanya yang berwarna Hijau Mencrang, Hilmi kembali pasang gaya andalannya. tapi bisa jadi bersesuaian, karena kelak ia ingin jadi Pemadam Kebakaran. hebat!

# # #

Septian (foto oleh kuke)
Septian (foto oleh kuke)

selalu pasang gaya karena sadar sedang berada dekatku yang mondar-mandir dengan si Niki. semua yang berhubungan dengan Noah (band) dia suka. cita-citanya jadi Astronot. sempat tanpa malu-malu (tiba-tiba) sudah nempel di sebelahku yang asyik-asyik membidik kawan-kawan perempuannya tengah bermain Lompat Tali (dari jalinan Karet Gelang). begitu si Niki spontan diatur untuk punya ruang agar kami berdua bisa selfie, eh, Tian kabur lalu merusuhi yang sedang bermain itu ^.^v

iya, Tian, lengkapnya Septian. tercatat sebagai murid kelas 4 SDN Isola. satu kelas dengan Luqman.

# # #

Dandi (foto oleh kuke)
Dandi (foto oleh kuke)

kalau ada murid kelas 4 SDN Isola yang mendadak lari keluar kelas di jam istirahat kemudian nyanyi-nyanyi “We are The Champion”-nya Queen, bisa dipastikan itulah Dandi. kawan-kawan sekelasnya suka dangdut, pop nasional sampai daerah, Dandi keukeuh dengan classic-rock. meski begitu tertarik ketika disuguhi tampilan beragam lembar uang Negeri Asing oleh mbak Liana, begitu bersemangat ketika dihadapkan pada Bass milik Arnie, cita-citanya tidak berubah: ingin jadi Atlet Baseball, mengikuti jejak Pamannya. keren ya? ^_^

(sekali lagi) Kelas Inspirasi Bandung #2

berada di antara mereka di Hari Inspirasi menjadi hal paling menyenangkan buatku. ada tatap penuh selidik. ada pertanyaan-pertanyaan yang kemudian dengan polosnya dilontarkan atau malah sibuk disimpan baik-baik dalam pikiran sendiri lalu juga dijawab dengan dugaan sendiri. ada senyum tulus menyambut senyum-selamat-kenal. ada malu-malu. ada potoin-yang-keren-dong-aku-sudah-pose-nih. ada “We Are The Champion” milik Queen yang fasih dilantunkan Bocah Kelas 4. ada ingin-terkesan-dewasa-tapi-akhirnya-lupa-karena-memang-masih-kecil. ada banyaaaaak sekali yang aku nikmati sembari celingukan dan hampir lupa pasal Tugas Pendokumentasian yang diberi sampai harus berkali-kali diingatkan si Niki.

aku suka. ingin selalu ada di antara Bocah-bocah di mana saja kapan saja. meminta diri dan hati dengan sengaja agar ditulari semangat dan keceriaan mereka, menyerap Butir Matahari murni. biar tetap terisi kekuatan penuh untuk ambil bagian menjaga kesetimbangan Semesta ini berikut para Penghuni didalamnya. biar tetap bersemangat mengantarkan pesan sesuai Tugas Kehidupanku ke sini-sana.

Anak-anak manis: terima kasih banyaaaaak ~,~/

Hari Inspirasi SDN Isola -- Kelas Inspirasi Bandung #2
Hari Inspirasi SDN Isola — Kelas Inspirasi Bandung #2

Kelas Inspirasi Bandung #2 SDN Isola

Kelas Inspirasi Bandung #2 SDN Isola
Kelas Inspirasi Bandung #2 SDN Isola

19 Februari 2014. Hari Inspirasi. di Bandung untuk kedua kali. dan inilah yang tertinggal sebagai kesan di masing-masing kami setelah SDN Isola disinggahi. rasanya tak sabar menunggu kesempatan berikut dan berikutnya lagi. untuk menginspirasi sekaligus terinspirasi dan terpenuhi semangat Butir-butir Matahari dari para Bocah Kecil ~,~/

# # # # #

Inspirator: Harlia Hasjim - Komikus
Inspirator: Harlia Hasjim – Komikus

Menyenangkan sekali mempunyai kesempatan untuk bergembira bersama dengan murid dan guru SDN Isola ini.

Para guru begitu ramah menyambut kami (spanduk dan sarapannya sungguh membuat haru ;’) ) Anak-anaknya begitu ceria dan penuh semangat. Jika ada alat yang bisa mengubah energi anak-anak menjadi listrik, negeri kita akan senantiasa terang-benderang karena tenaga mereka begitu dahsyat!

Semoga cita-cita yang tertanam di Hari Inspirasi ini akan tumbuh besar di masa datang ^_^

Harlia Hasjim – Komikus

~*~

Inspirator: Ardianto Nugroho - Desainer Interior
Inspirator: Ardianto Nugroho – Desainer Interior

Sekolahnya kecil, tapi bersih, apik sehingga cukup nyaman untuk belajar mengajar.

Guru – guru di SD Isola sangat ramah menyambut kehadiran kelompok Kelas Inspirasi. Bisa terlihat dengan sudah dipasangkannya spanduk menyambut para Inspirator Bangsa, dan dengan sukarela menyiapkan masakan untuk makan siang bersama.

Muridnya bervariasi sekali perilakunya. Ada yang kooperatif dalam berdiskusi atau menyampaikan materi, Ada yang sulit diatur di dalam kelas, sehingga membutuhkan usaha lebih untuk fokus kembali kepada materi, namun bagian yang sedikit membingungkan Inspirator adalah ketika murid-muridnya terlalu bersemangat, sehingga mereka tetap ingin meneruskan proses menggambar (penyampaian materi dengan cara menggambar) dan tidak mau berhenti pada jam istirahat.

Ardianto Nugroho – Desainer Interior

~*~

Inspirator: Mohammad Taufik Hidayat – Project Consultant
Inspirator: Mohammad Taufik Hidayat – Project Consultant

Saya sangat gembira mendapat kesempatan untuk menjadi Inspirator di Kelas Inspirasi Bandung #2 ini. Merupakan pengalaman yang sungguh sangat berharga bagi saya. Kelas Inspirasi, seru, menyenangkan, heboh. Semoga semua anak Indonesia bisa menggapai mimpi-mimpinya.

Mohammad Taufik Hidayat – Project Consultant

~*~

Inspirator: Liana Soefran - Trade Forex Specialist
Inspirator: Liana Soefran – Trade Forex Specialist

Pengalaman yang sangat menyenangkan dapat menjadi bagian dari Kelas Inspirasi Bandung 2, sangat berkesan dan tentunya takkan terlupakan. Terima kasih kepada Kepala Sekolah, para guru, dan siswa-siswi SDN Isola Bandung atas sambutan dan semangatnya yang luar biasa, kami bangga dapat bekerjasama dengan kalian semua. Anak- anak generasi penerus, terus berjuang dan jangan menyerah ya, kejar cita-citamu setinggi mungkin, kalian semua anak-anak hebat! Untuk teman-teman relawan dan panitia, terima kasih untuk kerjasama yang luar biasa, tetap kompak dan selalu berbagi ya. Semangat Inspirasi!

Liana Soefran – Trade Forex Specialist

~*~

Inspirator: Naluri Bella Wati – Head Department of Media and  External Relations
Inspirator: Naluri Bella Wati – Head Department of Media and External Relations

Ada pepatah mengatakan, bahwa tidak akan ada profesi apapun di dunia ini, tanpa ada seorang guru. Walaupun hanya menjadi “guru sehari” di kelas inspirasi, akhirnya saya menyadari bahwa guru itu profesi yang tiada duanya.

Anyway, menceritakan profesi yang tidak pada umumnya pada adik-adik SD itu susah-susah gampang. Tapi saya percaya, inspirasi adalah bentuk motivasi yang nyata. Saya merasa ada transfer energi yang luar biasa antara inspirator dan adik-adik yang diajarkan. Sadar atau tidak, dua-duanya saling terinspirasi. Maka dari itu,  jadilah inspirasi, maka kita akan terus terinspirasi.

Naluri Bella Wati – Head Department of Media and External Relations

~*~

Inspirator: Nisa Yuliana – Penyiar
Inspirator: Nisa Yuliana – Penyiar

Aku ingin wawancara One Direction” cetus salah satu anak di SDN Isola sambil mengacungkan tanganya, menyenangkan sekali melihat langsung ekspresi anak- anak pada hari inspirasi yang antusias mengikuti apa saja yang disampaikan para inspirator. Sambutan hangat pun begitu terasa dari pihak sekolah seketika kami memasuki gerbang sekolah, hari inspirasi menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi saya bukan hanya “menjadi guru sehari”, tapi mempunyai keluarga baru yaitu teman-teman dari beragam profesi yang begitu tulus, demi menularkan semangat meraih cita-cita untuk anak-anak penerus bangsa, terima kasih Kelas Inspirasi.

Nisa Yuliana – Penyiar *peluk hangat semua inspirator*

~*~

Inspirator: Indiana Ayu Alwasilah – English Instructor
Inspirator: Indiana Ayu Alwasilah – English Instructor

Teaching kids has never been a new thing to me.  However, Kelas Inspirasi gives me new experience of the real picture of education in Indonesia. Seeing their bubbly face makes be believe that these young students are inspired to reach their dreams. Once these young students become successful people later on, Indonesia will thank Kelas Inspirasi for inspiring them. Ahh, I miss those innocent students already.

P.S. I thought these students didn’t really pay their attention to me at the class, but I was wrong for some students wrote: ‘I love you, Teh Indiana Ayu’.

Indiana Ayu Alwasilah – English Instructor

~*~

Inspirator: Kharisma Putri Aurum – Project Engineer
Inspirator: Kharisma Putri Aurum – Project Engineer

“Waaah baguuuus! Itu di luar negeri ya, Bu?”, begitulah komentar mereka ketika saya memperlihatkan foto sebuah jembatan megah di Sumatera Barat.

Menjadi inspirator bukan tentang bagaimana cara mengajar murid-murid SD, tapi mengajak mereka untuk bercita-cita, bermimpi, dan memaknai setiap profesi.

Di sisi lain, menjadi “guru” sehari seakan mengingatkan kita pada jasa-jasa para guru yang menjadikan kita sosok yang akhirnya berdiri di hadapan kelas hari itu. Ternyata sungguh tidak mudah. Namun tidak ada yang lebih membahagiakan dibandingkan binar-binar semangat dan antusias di mata murid-murid di hadapan kita hari itu.

Terima kasih untuk kesempatan luar biasa ini. Indonesia belajar!

Kharisma Putri Aurum – Project Engineer 

~*~

Inspirator: Andri Haryono - Senior Engineer
Inspirator: Andri Haryono – Senior Engineer

Kembali ke Sekolah Dasar mengingatkan saya kembali ke memori masa kecil. Kita bisa bermain bebas tanpa beban, ketemu teman-teman setiap hari dan berlari bersama. Ahh nostalgia.

Terima kasih buat Guru-guru SDN Isola yang sudah menerima kami, “makasih ya BapakIbu atas makan siangnya. rasanya pengen nambah lagi sambelnya.”

Oh ya, saya berharap dan berdoa semoga Adik-adik di Isola bisa tumbuh jadi generasi Indonesia yang ramah dan berbudaya (insya Allah). Semangat ya Adik-adik!!

Andri Haryono (Senior Engineer)

~*~

Inspirator: Arnie Christanti - Musisi (Bassist She)
Inspirator: Arnie Christanti – Musisi (Bassist She)

Kesan ikut Kelas Inspirasi walaupun deg-degan — bisa gak ya ngadepin anak-anak — excited banget. Ternyata anak-anaknya sangat bisa kerjasama!

Selain mereka jadi tahu apa kerjaan kita, ada juga beberapa yang nyobain buat lagu dan lagunya keren sekali. Akhirnya mereka juga sadar bahwa lagu yang dinyanyiin gak musti lagu dewasa. Asal kita bawain dengan baik semuanya bakal jadi baik. Intinya usaha kita buat sesuatu itu harus maksimal.

Perasaannya: happy dapat pengalaman baru, happy ketika anak-anak jadi termotivasi ingin jadi seperti kita.

Sekian laporan dari sayaaaa..

Arnie Christanti – Musisi (Bassist She)

~*~

Dokumentator: Teri Raharjo – Fotografer
Dokumentator: Teri Raharjo – Fotografer

Berkesempatan menjadi fotografer di acara Kelas Inspirasi Bandung #2 merupakan pengalaman yang berkesan. Keceriaan dari tingkah polah anak-anak , interaksi mereka dengan inspirator serta beragam ekspresi tentang bayangan akan masa depan mereka sangat menarik untuk diabadikan. Terima kasih banyak untuk semua yang bergabung di KI Bandung khususnya team SDN ISOLA terus berkarya tetap Trekjing Trekjing.

Teri Raharjo – Fotografer

~*~

Dokumentator: Ayu "Kuke" Wulandari - Fotografer
Dokumentator: Ayu “Kuke” Wulandari – Fotografer

mereka adalah alasan untuk tidak menyerah memperjuangkan kehidupan yang lebih baik: Anak-anak ~,~/

Ayu “Kuke” Wulandari – Fotografer

~*~

Dokumentator: Muhammad Wahyu Nurhuda - Videografer
Dokumentator: Muhammad Wahyu Nurhuda – Videografer

Keikutsertaan saya ini pasti menambah pengalaman yang sudah pasti berbeda dan baru buat saya. Semua yang ada di sini semakin menambah keyakinan saya bahwa saya harus tetap mengabdi untuk pendidikan di Indonesia melalui videografi yang memang saya senangi.

Terima kasih Kelas Inspirasi, terima kasih Bapak-Ibu Guru SDN Isola serta Murid-muridnya yang lucu dan juga Kawan-
kawan yang heboh pisan.

Semoga dengan adanya Kelas Inspirasi ini menjadi Adik-adik SDN Isola terinspirasi untuk menggapai cita-citanya dengan penuh semangat.

Muhammad Wahyu Nurhuda – Videografer

menginspirasi hingga Parktivity

Sabtu — 9 Maret 2013 — adalah masanya kedatangan satu hari yang lagi-lagi istimewa. bertemu ragam binar Bocah yang menyeruak di antara Pepohonan. merasakan lingkup Udara yang sedikit berbeda meski masih terasa sangat Kota (sepertinya tidak semua Pohon berbahagia sepenuh hati didalamnya, meski tidak sampai dipenuhi kecewa juga). merekam kegiatan para Muda Penginspirasi yang bahu-membahu demi terbit dan tercapainya (kelak) mimpi dalam berbagai rupa. bercengkerama penuh keintiman dan kekariban dengan si Pohon yang sangat membantuku untuk mewujudkan apa keinginan mata dan pikiran.

Sabtu — 9 Maret 2013 — adalah masanya kedatangan satu hari yang lagi-lagi istimewa. sekali ini di Taman Panatayuda. masih di Bandung adanya. Kak Sandra, Kak Linda, Kak Lenny, Kak Nurlienda sebagai Penginspirasi; Erica dan aku sebagai Perekam gerak-gerik mereka. kami dari Kelas Inspirasi Bandung yang menuai rasa senang berkali-kali seakan tanpa jeda.

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

..

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

..

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

..

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

..

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

..

Kelas Inspirasi Bandung di Parktivity #2

Kelas Inspirasi Bandung 2013: SDN Jalan Anyar

ternyata di Kota se-‘megah’ Bandung ini ada loh Sekolah Dasar Negeri yang mengingatkan pada RSS (Rumah Sangat Sederhana). berlokasi di Padasuka. melintasi Gang yang hanya bisa dilalui satu-dua Motor saja. Sekolah ini memiliki lima ruang, namun hanya tiga saja yang aktif digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar (sebagai Kelas), sehingga tidak semua Murid bisa masuk Kelas Pagi. Lapangan yang dimiliki pun seadanya, penggenap sebentukan Segitiga. meski begitu, SDN JalanAnyar ini begitu nyaman adanya, bersih dan rapi. belum lagi sangat terasa Semangat begitu penuh di dalam sini ~,~/

Kelas Inspirasi Bandung 2013 - SDN Jalan Anyar

Kelas Inspirasi Bandung 2013 - SDN Jalan Anyar

Kelas Inspirasi Bandung 2013 - SDN Jalan Anyar

Kelas Inspirasi Bandung 2013: dan reaksi mereka..

mau tahu bagaimana reaksi para Bocah Sekolah Dasar begitu dikabarkan bahwa ada lulusan Teknologi Informasi STEI mBandung Institut Teknologi (sengaja nulisnya begini yak) yang malah lebih demen jadi Tukang Poto? ya begitu itu, hihi.

kalau reaksi Pak Ito sewaktu menawarkan panggilan lain selain ‘Ayu’, yaitu: Teh, Mbak, Ibu; dan lalu si aku menjawab bahwa jadwalku dipanggil Ibu itu hanya di hari Selasa dan Rabu? senyum manis saja, hahaha.

– – – – – – –
14.02.2013. Hari Pinky. SDN Jalan Anyar Bandung. dalam rangka Survey untuk kegiatan Kelas Inspirasi di 20 Februari 2013 nanti.

(foto oleh Kuke untuk kegiatan Kelas Inspirasi Bandung 2013)
(foto oleh Kuke untuk kegiatan Kelas Inspirasi Bandung 2013)