aku yakin tak ada satu pun Manusia (khususnya) dan Penghuni Semesta (umumnya) dengan sengaja meminta lahir menanggungkan begitu banyak Kekurangan, Kelemahan

sudah terhitung cukup lama aku belajar tidak mengizinkan siapa pun melukai perasaanku. Tuan Tak Bernama yang punya peran.

sehingga aku perlahan bisa tak peduli semisal dikata ‘sombong’ karena tidak, bisa tak peduli semisal disebut ‘tak jujur’ karena tidak, bisa tak peduli semisal dinyatakan ‘palsu’ atau ‘pencitraan’ karena tidak.

aku benar-benar berusaha karena sadar: membiarkan diri terlalu mudah terluka tak beda dengan menciptatumbuhkan aral di sepanjangan kebutuhan mewajahkan cita-cita ‘hidup berbahagia’.

meski demikian, ada satu yang bagiku paling sulit dikendalikan. Asmara saja kalah meresahkan. ia selalu mampu membuatku menarik diri lantas meninggikokohkan Dinding Pertahanan, kerap menggodaku untuk menggeser bahkan menggantikan posisi Tuhan.

apa?

..

..

..

aku yakin tak ada satu pun Manusia (khususnya) dan Penghuni Semesta (umumnya) dengan sengaja meminta lahir menanggungkan begitu banyak Kekurangan, Kelemahan. tidak ada. tidak ada. aku pun tidak.

namun berdamai, bersedia menerima, adalah cara-cara yang sejauh ini menurutku lebih mampu membuat tidak mudah patah, membuatku tetap bisa menikmati dan melanjutkan Perjalanan Berkehidupan, tidak dibunuh perlahan oleh Kecemasan-kecemasan.

lalu aku masih harus dihadapkan dengan tuduhan bahwa aku membiarkan saja semua Kelemahan itu tetap melekati, tidak mau diobati, menyengaja agar kesemuanya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan apa-apa yang tak bisa diusahakan sendiri.

aku sulit untuk tidak mengakui bahwa aku sungguh belum mengerti bagaimana cara agar karenanya tidak terluka lagi.

Leave a Reply

