setidaknya cobalah jujur sejak dalam pikiran

setidaknya, cobalah jujur sejak dalam pikiran. dan jika hendak melakukan pemenggalan kalimat bahkan paragraf, pastikan itu tidak mengubah esensi utuhnya. perihal ‘tidak menghargai orang yang sudah berlelah-lelah iseng meramu sekeping pemikiran yang seolah selintaslalu’ itu kemudian kau lakukan, mungkin bisa jadi tak masalah. siapa yang tahu kalau tidak ketahuan bukan? hanya saja, setidaknya, cobalah jujur sejak dalam pikiran. utamanya ketika kau sedang berencana bergerak atas dasar apa yang kau sebut Kebenaran dan Kebaikan 🙂

# # #

urusan Jiplak-menjiplak pastilah bukan hal baru sejak awalmula lahirnya Kehidupan dan apa yang dibahasakan Manusia sebagai Peradaban. pertikaian yang disebabkan olehnya aku yakin sudah bukan lagi berjumlah puluhan. apakah kemudian ada yang mengharamkan, memakruhkan, atau ya sudah tetap saja menghalalkan; aku berada di antara kerumunan Serba Entah.

sejauh ini aku cuma berusaha berpegang pada apa yang Pak Bach pernah katakan: bahwa tidak ada yang murni merupakan hasil pemikiran dan upaya kita sendiri dalam berkarya, ketika ingin mencapai Titik Impian mana saja, bahkan sesederhana diakui ‘keren’ oleh segelintir (lagi-lagi) Manusia; kita ini (kalau mau tanpahati dikata) berhutang pada mereka yang telah lebih dulu merintis apa yang saat ini kita nyatakan menjadi perhatian/keprihatinan kita, mereka yang telah dengan sadar kita baca dan nikmati Hasil Pikirnya, mereka yang telah membuat segalanya kini menjadi lebih mudah untuk diwajahkan ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

sehingga itulah kenapa tidak ada yang pantas disombongkan, itulah kenapa tetaplah runduk menghargai kerja-keras lain-lain Orang meski sebatas menyebutkan namanya atau tidak mengubah-ubah seenaknya tanpa dasar, itulah kenapa cobalah jujur bahkan sejak dalam pikiran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s