Catatan Kecil #pergiketimur #2

sejauh ini, dalam perjalanan #pergiketimur, tidak sedikit orang yang aku jumpai menanyakan hal yang sama, “kenapa memilih naik Kapal Laut? kenapa memilih perjalanan berhari-hari? kenapa memilih Kelas Ekonomi? kau kan pergi sendiri?

hal yang akan sangat bisa aku jawab dengan singkat tanpa pikir panjang tentulah pertanyaan “kenapa memilih Kelas Ekonomi?“. karena apa? karena hanya ada satu jawaban satu alasan: murah, aku bisa menjangkaunya dengan Tabunganku lebih segera 😀

sementara hal yang kemudian akan mengundang kehadiran kerut di dahi para Penanya adalah jawabanku atas pertanyaan “kenapa memilih naik Kapal Laut? kenapa memilih perjalanan berhari-hari?” (padahal jelas-jelas aku bepergian sendiri). karena apa? karena aku akan dengan senangnya bercerita bahwa selain Palung Impian yang menjadi alasan, betapa aku lebih menyukai setiap apa siapa yang kemungkinan besar bisa aku temui melalui Perjalanan Laut dan/atau Perjalanan Darat, meski tidak pula tidak aku sukai keindahan akbar Negeri Atas Awan dan suguhan istimewa Langit bila aku melalukan Perjalanan Udara 🙂

bukan aku tidak paham resiko yang harus siap ditanggung dan sebesar apa harus kutingkatkan kewaspadaan juga kepekaan. bukan aku tidak mengerti bahwa panjang laluan Waktu pun meminta lebih banyak daya juang dan daya tahan. rasanya kesukaan tetap saja mengalir sebagai kesukaan: mereguk rupa-rupa Pelajaran dalam sebuah Perjalanan  😀

ah iya, perihal “sendiri berjalan“, sebenar-benarnya bisa luruh tak menjadi persoalan. asal tak kau biarkan hatimu tertutup ekslusivitas yang dengan sengaja kau bawa-bawa, kau akan selalu dapat banyak Kawan. iya. aku percaya 😉

– – – – – – –
sebuah #catatankecil yang dibuat di Makassar menghampiri pukul 8 pagi

Leave a Reply

