untuk Dewa Bumi di harinya ~_~

tahu kau kenapa aku sangat suka bila datang kesempatan terlibat perjalanan (entah kecil entah besar) bersama Ayah Alam-ku? bukan, ini bukan cuma soal kami akan serius berbagi canda tawa dalam waktu panjang. bukan cuma soal aku harus mampu bertahan mendengarkan cerita yang kadang membuatku bereaksi geleng-geleng kepala atau pura-pura bosan. melainkan karena aku akan punya banyak hal yang bisa diterima sebagai pelajaran. dan hal itu sangat menyenangkan

pelajaran? pelajaran apa sih maksudnya, Kuk?

emmm, baiklah, mungkin akan kubagi sedikit apa yang aku maksudkan

sekali waktu aku turut mendokumentasikan sedikit kegiatan para Peserta dan Tutor Citarum Documentary Camp ke Ci Tarum Purba. Ayahku pun turut, karena darinyalah cerita mengalir mengiringi rekam Sungai yang berbeda bahasa dengan Manusia. dalam perjalanan pulang, ketika kami melewati setumpuk kecil Abu Jejak Api, ia berhenti, mengambil potongan Batang Pohon Pisang yang tertancap di atas tumpukan Abu tersebut, lalu mulai bercerita.

“Yu, tahu tidak, ini teknologi yang mendahului Kompor yang kita kenal sekarang. bahkan ini relatif lebih bagus ketimbang Kayu Bakar. karena panas yang dihasilkan bisa lebih merata dan lebih awet. jadi..”

seperti biasa aku mencoba menyimak, mengingat-ingat, namun tidak berhenti mengamati lalu merekam apa yang dilakukannya. meski ya aku sadar, pasti nanti aku akan lupa lagi Dewa Bumi sudah menyampaikan apa saja. tapiii, biasanya aku selalu dimaafkan sih.

hari ini, aku meyakini, Ayah Alam-ku (Pak T Bachtiar) pasti bangun pagi dengan bahagia. menghirupi Udara bebas bersama Kekasihnya (Ibu Dewi Syafriani). dan (bisa jadi) seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka berdua akan saling mengucapkan selamat atas pergantian usia. hari ini, aku meyakini, sekitaran Langit tengah dipenuhi lintasan Doa-doa dan sebagiannya adalah untuk keduanya; agar sehat bahagia senantiasa, agar selamanya menjadi Keberkahan Semesta.

selamaaaaaat ~,~/

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)
Leave a Reply

