Waktu Lebih Singkat (untuk keperluanku)

tadi sewaktu si aku datang untuk jajan Sate Ayam, si Mang Penjual sedang sibuk dengan satu Pesanan Berjumlah Besar. aku sampaikan saja soal lima belas tusuk dan segala hal yang biasa, lalu aku tinggal sebentar. iya. ke seberang. membeli sedikit perbekalan. besok pagi aku ada Perjalanan Belajar.

cukup lama. lima belas atau dua puluh menit mungkin ada. ketika aku kembali, ternyata si Mang Penjual masih disibukkan dengan satu Pesanan Berjumlah Besar yang sama. tanpa merasa perlu berkeberatan ya aku duduk saja. tak masalah kan? toh pesanan itu datang duluan.

“Mas, pesanan mbak yang itu didulukan saja.”

eh? aku yang sedang asyik menunduk sibuk dengan si Bluey sontak mengangkat kepala. itu suara si Pemilik Pesanan Berjumlah Besar — seorang pria bertubuh cenderung kurus, Hitam jaketnya. tak ayal respon tercepat dariku adalah senyum, tapi pria itu tidak balas tersenyum. entah ragu, entah bingung, atau apa lah judul ekspresinya itu, aku tak tahu. alhasil seucapan ‘terima kasih’ pun macam tertelan lagi bersamaan terburainya senyum yang malah disambut seekor Semut Hitam tepat di meja dekat tempatku duduk.

selepas menyerahkan dua lembar Rupiah senilai lima belas ribu tanpa lupa menyertakan sekoin lima ratus dan menurunkan santun si Semut Hitam Penyambut Senyum, setelah mencoba sekali lagi melepas senyum pewakil seucapan ‘terima kasih’ dan kembali tak bersambut, aku pulang diantar Angin yang terdengar agak kusut dan menderu. sembari menaikkan leher si Polar Merah, aku titipkan saja ‘terima kasih’ yang sudah dua kali tertelan itu ke para Daun. tidak lupa buat Tuhan ya kulepaskan satu. iya. karena malam ini Dia membiarkan aku menemukan sendiri kenyataan bahwa tanpa harus serobot antrian, tanpa harus ngomel-ngomel karena menunggu, tanpa rayu-rayu, tanpa manyun-manyun; aku mendapat Kejutan sekaligus Rezeki besar: Waktu Lebih Singkat (untuk keperluanku)

Leave a Reply

