Tanda Mata dari Banjarmasin dan Batu

aku bukan tipe orang yang senang dengan sengaja meminta oleh-oleh pada siapa saja kenalanku ketika mereka sedang bepergian, terlepas untuk bersenang-senang atau malah karena sedang ada penugasan. karena apa? karena aku sendiri termasuk orang yang kurang suka diribetkan dengan perkara oleh-oleh itu tadi. Tanda Mata berupa foto yang aku rekam di sepanjang Perjalanan buatku malah lebih dari cukup untuk dibagikan. Tanda Mata berupa foto hasil rekaman orang-orang dekat yang sedang bepergian atau siapa saja yang aku kenal buatku bahkan bisa begitu membahagiakan. tapi yaaa itu, cukup  dan membahagiakan buatku tentu berbeda dengan cukup dan membahagiakan yang dimaknai orang lain, hehehe. sehingga aku harus terima jika aku dinilai pelit ~3~

pada Bumi aku juga tak sering dengan serius meminta dibawakan Penanda Ingat dari sekian banyak Perjalanannya. ia tak urung sempat keheranan melihat aku bisa begitu riang menerima cuplikan Senja dengan Matahari Matasapi, Rumah-rumah di Lahan Laut, Kapal Putih yang sunyi, gerak liar Arus Sungai, apa saja yang memang buatku ia potretkan. ia juga tak pernah habis pikir kenapa aku selalu dan selalu memilih ingin dibawakan Gelang jika ternyata tempat yang menjadi tujuannya aku perkirakan menjanjikan geliat rasa yang bisa ditempatkan berdekatan nadi. belum lagi Pasir. iya, ketika aku tahu ia akan singgah ke tanahnya para Pelaut, aku minta dibawakan Pasir. dan ia sudah bisa dipastikan lupa. bukan lupa mengumpulkan Butiran Pasir-nya, melainkan lupa menaruh apa yang sudah dikumpulkan itu di mana untuk dibawa pulang padaku, heuheuheu.

lalu apa jadinya ketika di satu malam tiba-tiba Kekasihku itu menyodorkan tiga bungkus plastik transparan yang berisi masing-masing Blus Atasan Batik Sasirangan dan Kaos Wahana Wisata warna Ungu sambil dengan manis lembut berkata “ini ada oleh-oleh buat Mbak. tapi aku kelupaan terus bawanya.“???

karuan saja adanya bingung bercampur senang! >_<

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)

aku sudah lama memimpikan Batik Sasirangan sebagai sampingan dari impian besarku yang lain tentang Pulau Kalimantan, aku belum pernah satu kali pun menginjakkan kaki di sana.  menurut riwayatnya, kain khas suku Banjar di Kalimantan Selatan tersebut asal namanya adalah sirang — dalam bahasa setempat berarti diikat atau dijahit dengan tangan dan ditarik benangnya. dulunya Sasirangan hanya digunakan dalam ritual penyembuhan penyakit dan upacara-upacara adat, namun belakangan sudah bisa digunakan orang ramai. sewaktu pulang mudik di Lebaran lalu, diam-diam rupanya Bumi membelikan aku dua Penanda Ingat khas daerah asalnya itu.

meski harus berhadapan dengan kenyataan bahwa all-size yang menyertai kedua Tanda Mata tersebut bukan termasuk all-size yang siap berkompromi dengan tubuh kecilku, pun karena sama sekali tidah boyish, aku sudah tak sabar bereksperimen tampil dengan keduanya! bisa sebagai Gadis Gypsi atau malah dipenuhi fantasi Amerika Bagian Cowboy atau juga menjadi semacam Little Sifu, hihi.

di antara ketiga oleh-olehnya itu, favorit-terfavorit-yang-aku-pilih adalah yang si Kaos Ungu Lengan Panjang alias si Ungu Batoe! mungkin karena aku ingat di saat itu Bumi sedang sibuk-sibuknya pula mengurus Anak-anak Didiknya yang tengah menjalani Basic Research selama hampir sebulan penuh.  kantung kiri-kanannya yang girly sekali masih bisa termaafkan dengan Ungu dan dua Tapak Kaki. jadi, jangan heran kalau si Ungu ini akan lebih cepat belel seperti Kaus Buddha, Kaus Bandung, Kaus Takkoyaki Kuning, dan sekiaaaan belel lain yang paling sering aku bawa pergi-pergi. 

lagi-lagi aku cuma punya “terima kasih” buat Bumi. tak bisa lebih banyak lagi. belum tahu cara selain berjanji pada diri sendiri untuk memakai apa yang sudah diberi.

emmm.. euuuu.. errrr… heuuuu.. senaaaaang ~,~/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s