berpikir berat-berat. kenapa orang harus berpikir berat-berat?

berpikir berat-berat. kenapa harus orang berpikir berat-berat? berpikir berat-berat. aku saja tak begitu tahan jika harus secara konstan dalam putaran dua puluh empat jam terus berpikir berat-berat. kalau sudah terlalu berat, aku malah ngeloyor mencari di mana bisa kutemukan Air yang mengalir. karena apa? rasanya Detak Hidupku melemah, jadi aku perlu mengisi ulang Energi.

berpikir berat-berat. kenapa harus orang berpikir berat-berat? mempersoalkan arah putar Bumi yang tak sepaham dengan pikir mereka. mempermasalahkan seisi Dunia yang tak seperti keinginan mereka. meriuhkan apa-apa yang mereka definisikan sebagai ketidakmapanan, ketidaksetimbangan, ketidakadilan, dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain. lalu semuanya semata tentang Manusia, hanya Manusia, lagi-lagi soal Manusia. iya, jadi orang berpikir berat-berat cuma untuk urusan Manusia. padahal apa isi Semesta ini melulu Bumi dan Manusia?

berpikir berat-berat. kenapa harus orang berpikir berat-berat? kata mereka sih segitu itu tidak berat. aku justru yang dituding berpikir terlampaaaau rumit dan berat. utamanya ketika mereka mendapati aku berbincang dengan Kuntum Bunga Rumput, membela sekerumunan Semut yang kelaparan agar jangan sampai dipites diinjak, lebih memilih menaruh perhatian pada Pepohonan dan Langit ketimbangan segala apa yang berat-berat dipikirkan dan diributkan dan ditinggi-tinggikan oleh orang-orang atas nama kepentingan Manusia.

berpikir berat-berat. kenapa harus orang berpikir berat-berat? aku malas, jengah, tapi nanti aku semakin dikucilkan dari ruang mereka. bagaimana? apa aku juga harus berpikir berat-berat dalam porsi dan tatanan macam mereka? yang orang? yang Manusia? iya?

e-n-t-a-h.

bisa jadi harus iya.

karena aku berkehidupan di Dunia yang ingin didominasi Manusia?

iya. bisa jadi harus iya. mereka sudah berteriak, “Jangan tinggal di sini kalau tidak mau ikut aturan hidup Manusia!”

aaah..

Leave a Reply

