pe-er RKF: kusam

kusam. tugas minggu ini adalah interpretasi foto dengan tema: kusam — menurut KBBI: ku·sam / suram (tidak berkilap atau bercahaya); muram atau tidak berseri-seri (tt muka); tidak terang (tt lampu dsb).

Pak Kobayashi turun  langsung memberikan contoh. dalam waktu singkat Kawan-kawan RKF lainnya sudah menampilkan hasil pemahaman mereka tentang tema tersebut. sementara aku? entahlah. apa memang yang hendak aku kusamkan? kusam. ku-sam. k-u-s-a-m. kusam?!

akhirnya pilihan kujatuhkan pada satu foto yang membuatku terhenti lebih dari sebuah “cukup lama”. aku ingat aku mengabadikannya dalam kegiatan geotrek bersama Badan Geologi ke Tangkuban Parahu. waktu itu, bukannya mendengarkan penjelasan para Interpreter dengan manis, aku malah krusak-krusuk di rerimbunan Dedaunan mengering sarat dominasi Coklat Kehitaman. bukan hanya satu, ada belasan foto selama aku sibuk sendiri di sana. agar semakin tegas mendekati apa isi pikiranku, maka sebelum foto pilihan tersebut aku setorkan, dengan sadar ada kuberikan sedikit “sentuhan”.

kusam. ku-sam. k-u-s-a-m. lama-lama terpaku pada foto pilihan itu aku macam menemukan dan sampai pada satu pemahaman lagi tentang itu kusam. ya. sesuatu/seseorang yang belum sampai pada jati dirinya bisa jadi masih kusam, belum bercahaya, semoga tidak tersesat kemudiannya.

akhirul kalam, inilah hasil pengintepreasianku tentang kusam 🙂

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)

bagaimana menggambarkanmu, aku tidak tahu. pikir dan mataku hanya terdiam di situ. hanya bisu terpaku. kau. yang ada di situ.

entahlah denganmu. tapi pernahkah kau menemukan sesuatu di antara sekian hal yang bisa jadi tidak diperhatikan lain orang, terus memikirkan tanpa tahu harus bagaimana caranya agar orang lain pun bisa melihat dan paham apa yang dimaksudkan? aku belum tahu apa namanya, kondisi macam itu. kalau aku bertemu lagi dengannya, sering-sering cuma terhenti di situ. apa yang akan orang-orang lakukan ketika bertemu dan bertatap muka dengan pikirannya sendiri?

Leave a Reply

