Akmal sudah pergi

sore tadi, sepulang sekolah, ia masih pergi main Layangan. iya, itu si Akmal yang berkaus Hijau. seragamnya pun belum ia ganti. tapi entah kenapa ia memilih main di tempat yang malah lebih tak biasa. tidak di lantai atas Rumah no. 10 dan tidak juga di balkon dekat kamarku.

tak ada teriakan yang memintanya turun. sampai kemudian kompleks dihebohkan dengan ia yang ditemukan terluka, jelas jatuh dari ketinggian, kepala belakangnya berdarah.

sekitar dua jam lalu, aku bisa melihatnya ditandu turun dari Ambulance. ada selang yang belum dilepas. mata kirinya lebam. darah masih terlihat mengalir dari belakang kepala dan hidung juga mulutnya. Bocah-bocah yang kawan sepermainan dan saudaranya sudah menangis, sementara para Dewasa berusaha menguatkan.

lalu di satu jam lalu, tangis pecah. Akmal pergi. Akmal sudah pergi. dan tidak akan ada ia yang dengan tanpa beban naik ke pagar balkon demi ngapungkeun Layangan. dan tidak akan ada lagi suara ayah dan ibunya meneriaki Akmal untuk segera turun. tidak juga ada lagi ia yang mengajak Kawan-kawannya bereksperimen memasak Telur Rebus di mana saja. kalau pun ia berpamitan, itu hanya ke satu orang anak perempuan, kemarin. malam ini tubuh mungilnya akan dimandikan lalu dibalut kain kafan. Lelaki muda kelas 3 SD itu akan dimakamkan keesokan. dari pengeras Masjid terdengar telah diumumkan: kepergian Akmal.

kau anak baik, Bocah. sebenar-benarnya kau anak yang baik. juga kuat, selalu riang, sangat baik. sampai jumpa lagi :’)

– – – – – – –
*foto ini aku ambil sekitar sebulan yang lalu. iya, sebulan yang lalu.

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s