segurat rindu dalam Bolu Kukus

Ibu adalah seorang nenek yang sangat pengertian. setidaknya buatku. beliau paling sering membiarkanku ikut ke pasar dadakan dekat lintasan kereta dekat rumah kami di Medan tanpa banyak cerewet ketika tiba-tiba aku agak “hilang”. iya, aku suka melepaskan diri, celingukan sebentar lalu balik lagi, dengan manis menagih jajanan yang aku suka sebelum kami pulang.

Ibu adalah orang pertama yang menginginkan aku bisa memasak. beliau paham aku sangat suka makan, dan agak risau ketika aku tidak seingin tahu anak-anak perempuan lainnya dalam urusan masak-memasak. tapi tidak sekali pun beliau pernah memaksa. aku selalu masuk ke dapur untuk bantu-bantu atau yaaa merusuhi dengan suka rela. jika sudah begitu, baru Ibu mencekoki aku dengan pengetahuan-pengetahuan sederhana sepaket dengan icip-icip biar aku mengenali rasa.

Ibu adalah orang yang sangat aku rindu pagi ini. Bapak juga sih. Tuan Bumi juga (eheeem, ndak kelewatan ya? hahaha). namun ingatan paling kuat ketika citra Bolu Kukus Putih Rona Coklat macam yang terlihat di gambar ini melintas di benak adalah semata tentang Ibu. dulu kami pernah melakukan eksperimen bersama: membuat Bolu Kukus. alasan beliau sederhana saja: ingin bisa sering-sering membuatkan banyak Bolu Kukus untukku yang ternyata sangat suka akannya. aku ingat hari itu kami sama memutuskan untuk memanfaatkan Sprite sebagai pengembang bunganya (dan aku bertahan tidak tergoda menghabiskan minuman kesukaanku itu). aku ingat hari itu kami deg-degan bersama ketika mencampurkan Sprite ke dalam adonan. aku ingat hari itu kami lega bersama: percobaan perdana kami berhasil! aku ingat hari itu Ibu seperti bersinar bahagia, tepatnya ketika melihatku menghabiskan kue buatannya dan nyaris tak menyisakan bagi yang lain.

kangen ya? 🙂

(sumber foto: wiwiektrihandayani.wordpress.com)
(sumber foto: wiwiektrihandayani.wordpress.com)
Advertisements

2 thoughts on “segurat rindu dalam Bolu Kukus”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s