Liontin K

barusan tadi si aku iseng ngubek-ngubek satu sudut kamar. rencananya ingin bikin sesuatu yang berdampak pendek juga panjang. dan ternyata satu sudut itu saja sudah membuatku menemukan banyak hal. hehehe, ketahuan betul aku ini suka nyimpenin pritilan hal-hal menarik (menurutku) yang diam-diam siap membludak.

lalu, di satu kotak penyimpanan (aku punya beberapa, tersebar, yaaa begitulah) aku menemukan sebuah kenangan 🙂 salah satu hadiah ulang tahun termanis yang pernah aku terima sekaligus hal yang membuat aku belajar bahwa: jika kita memberi pada seseorang apa yang dibutuhkan atau diam-diam sangat diimpikan, maka terbukalah jalan kebahagiaan selebar-lebarnya sekaligus akan berkesan jauuuh lebih lama (meskipun yang diberikan tidak bersifat kekal) bahkan dibanding jika ia/dia sekedar suka dengan pemberian tersebut.

jadi, ceritanya nih, si aku dulu itu (dari kecil sebenarnya) sangat ingiiiiin sekali punya Liontin Kalung Huruf K. tidak banyak aku bilang-bilang, sampai akhirnya di masa kuliah tingkat sarjana aku membagi hal itu dengan si Raksasa berBebek Merah partner-in-crime ku. padahal sekilas saja. apalagi ia itu relatif pelupa. aku pun santai-santai lagi saja, sembari senang mampir lihat-lihat etalase yang memajang kalung-kalung perak dengan gantungan liontin berbentuk huruf di IP (Istana Plaza) sana.

sejujurnya aku sendiri lupa Liontin K ini menjadi hadiah di umur yang keberapa. tapi tepat di saat si Raksasa berBebek Merah itu menyodorkan kotak kecil sederhana yang berisi kalung perak dengan liontin impian, aaaaah aku terharu dan tak bisa cerewet meningkahi entah apa saja seperti biasa ~_~

ya, Liontin K. aku pun lupa sudah menyimpannya di kotak sejak kapan. sepertinya ya ketika kalung yang menyertainya putus bersamaan satu kejadian yang bisa aku sebut firasat. si Raksasa berBebek Merah itu apa kabarnya ya sekarang? semoga selalu berbahagia. minimal sebahagia aku ketika melihat kembali hadiah pemberiannya, mengingat kembali betapa baik hatinya ia mewujudkan impian masa kecilku dengan sederhana.

emmm, tampaknya aku akan sematkan liontin ini di salah satu gelang di tangan. aku masih sangat suka. ini impianku yang sudah diwajahkan begitu rupa.

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)

Catatan:

o iya. ini menurutku saja sih. masih menyimpan pemberian entah-siapa-saja itu tidak identik dengan masih memendam perasaan A, B, C, dst. karena apa? emm, ketika sesuatu diberikan, menjadi bagian kotak kecil pribadi tempatku berkehidupan, maka sudah menjadi keluarga. apakah ketika sudah entah-sebab-apa terpisah maka kemudian semua pemberian yang sudah jadi keluarga itu harus dibuang juga? aaaa, aku tidak tega :’) sudah biasa dibawa-bawa, diajak curhat (si Ndut misalnya), jadi best-partner-forever banget, lalu harus dihilangkan dari hidupku dengan alasan “biar move on” atau apa lah istilah lain orang, itu bahkan bisa jauh lebih menyakitkan.

aku tak suka diikatkan semata pada kenangan tentang sebuah pemberian. aku sukanya menjaga apa yang sudah dipercayakan untuk kumiliki itu, berhubungan baik dengan pemberian itu, dan tidak akan melepaskannya kecuali yang diberikan itu sendiri yang ingin pergi entah-apapun-bentuk-kepergiannya. ^_^

aneh? bebas saja menyikapinya. tapi ya begitulah. perasaanku sekarang ya adalah yang ada sekarang. tidak melulu sibuk diresahkan masa lalu hanya karena masih menyimpan pemberian-pemberian.

special case: K 

selain apa yang sudah diajarkan si Raksasa berBebek Merah, K itu sudah menemani aku nekad bepergian sendiri ke mana-mana, menemani aku ujian masuk program Magister juga ujian kelulusannya, menemani bangun sebelum subuh menyusuri rute Tangerang – Jakarta lalu pulang sesudah lewat senja. K juga sudah menemaniku susah senang bahkan absurd ketika sangat-sangat-sangat sakit. K bahkan  senang mendengar degup jantung yang normal sekaligus gelisah ketika tak beraturan cepat lambatnya bahkan hilang.

dan aku tak mungkin bisa tega membuangnya. begitulah ~_~

Leave a Reply

