perihal: Karya

mungkin kau belum pernah tahu bahwa aku sempat dianggap menghina intelektualitas, kesakralan proses, dan keagungan hal bertajuk “Karya”. aku dianggap sombong, dinyatakan riya, ketika aku memilih tak bersedia dibatasi ruang-ruang dan kasta-kasta agar Karya itu sah bernama “Karya”.

tidak mau aku bergantung pada kemahsyuran Pameran-pameran Besar Karya Tunggal. memangnya aku siapa? apakah melakukan hal yang disuka itu sangat butuh pengakuan Dunia? apakah berbagi sekian lihatan itu sangat harus ditentukan sempit tempatnya?

tidak mau aku terhenti di Lembar-lembar Kertas pembentuk Buku-buku Terlaris aneka rupa. memangnya aku ini hendak apa? bukankah aku yang sepantasnya menentukan di mana dan bagaimana aku mau menorehkan berbaris nama dalam beragam cerita? bukankah berbagi pemikiran dan keliaran itu tak mesti bertukar sejumlah harga?

mungkin kau belum pernah tahu saja bahwa aku sempat ditempatkan di lapis paling luar lalu diasingkan dari kesempatan bebas menoreh “Karya”. aku dianggap sombong, dinyatakan riya, disebut jemawa, karena begitu mudah menuliskan setiap alun pikirku dengan berbagai cara yang aku suka.

tak banyak yang aku punya. tak mewah yang aku bisa. tak merasa pula aku sebagai ancaman setiap Lapis Kehidupan entah berdasarkan definisi siapa maunya. lalu kenapa ia dan mereka hadapkan aku pada pengkotak-kotakan yang membuatku justru berhenti bernyawa? maka sebenarnya apakah ia benar paham akan hakikat apa itu “Karya”? tidakkah sebenar-benarnya setiap Penghuni Semesta sejatinya adalah Pekarya-pekarya tanpa butuh pengukuhan sejumlah Massa dan Keping-keping Emas Perak berharga?

Leave a Reply

