hari ini aku kenal Mang Odon

ada sekian banyak hal menarik yang aku serap dari acara menyenangkan ini. tertangkap jelas kegigihan dan kebandelan seorang Don Hasman yang bukanlah berumur sehari dua hari. sepertinya aku jadi punya alasan untuk membenarkan kebandelanku sendiri, hehehe.

apa yang Pak Bach paparkan pun buatku mengangguk-angguk, diam-diam mencatat dalam otak dan hati, “seirama Alam. seirama Semesta. Harmoni.” — meski sebenarnya hal itu bukannya sudah tak melekat baik. aku sudah sering beliau ingatkan di setiap kali akan memulai Perjalanan ke mana saja, tentunya pada saat pamit.

dan yang disampaikan Kang Harry semacam melengkapi, termasuk betapa “jangan sampai kehilangan moment!” itu penting bagi seorang Fotografer. hanya saja aku lebih sangat suka pada satu kalimat yang disampaikan berikutnya, “foto bagus ada di kaki“.

bukan Kamera apa yang digunakan, bukan keberagaman Lensa pula, yang menentukan bagus/tidaknya sebuah foto; melainkan usaha untuk mendapatkannya, kemauan bergerak lebih, keberanian berspekulasi memutuskan sudut pengambilan, hal-hal semacam itu kalau kata Kang Harry, contoh nyatanya itu ya Om Don (selain pengalamannya pribadi)

naaaah, itu kenapa aku paling suka yang ini ketimbang sekedar “jangan sampai kehilangan moment!”

sore ini aku senaaaaaang sekali *_* termasuk jadilah sering memamerkan senyum yang tak disempurnai sederet rapi gigi, hihihi.

maka, hidup bandelllll ~,~/ *nah loh, dimulai deh pembenarannya, ckckck*

(foto oleh kuke)
(foto oleh kuke)

– – – – – – –
Eiger Adv. Store, Jl. Sumatera No.24, Bandung :: 13 Juli 2013 :: Bincang Buku “Urang Kanekes: The People of Kanekes and Their Culture” bersama Don Hasman (Penulis Buku, Fotografer), Harry Suliztiarto (Skygers), T. Bachtiar (Masyarakat Geografi Indonesia dan KRCB)

Leave a Reply

