terputar ulang

dalam sekejap seluruh kelebatan macam selarik film pendek terputar ulang. tanpa ada satu tombol pemutar pun yang diubah haluan, tak ada daya apa pun yang berkemampuan membunuh sebentuk ingatan.

aku ingat apa yang didefinisikannya sebagai hinaan dan terus aku lakukan. aku ingat apa yang dinyatakannya sebagai perendahan dan terus aku lakukan. aku ingat apa yang diproklamirkannya sebagai kesombongan dan terus aku lakukan. aku ingat apa yang dipandangnya berlebihan dan tak henti aku lakukan.

dalam sekejap seluruh kelebatan macam selarik film pendek terputar ulang. tanpa ada satu tombol pemutar pun yang diubah haluan, tak ada daya apa pun yang berkemampuan membunuh sebentuk ingatan.

aku ingat. tak bisa menuduh sedikit pun bahwa ini adalah kutuk, aku ingat. aku masih saja ingat. dalam rintih dan gigil tak habis menua, aku entah kenapa tetap ingat. aku ingat. sekuat apa pun kulukai diriku sendiri, aku i-n-g-a-t!

aham sukhito homi. niddukkho homi. avero homi. abyapajjho homi. anigho homi. sukhi attanam pariharami.

Leave a Reply

