Airmata Pak Guru

hari ini entah berapa banyak pupuh yang dilantunkan. sudah ada Vilda yang meramaikan. Jean kebetulan sedang berhalangan. ada juga FG+1 team yang sedang menyempurnakan tugas mereka tentang Gamelan. sementara aku? emmm, suaraku sudah mulai ‘panas’ dan mungkin itu berhubungan dengan 2,5 porsi sajian lezat dari Kedai Lele Ulu dan Gele yang aku singgahi sebelumnya bersama Pak Bach dan Bu Dewi.

seperti biasa, latihan ini tak pernah hanya sekedar berisi nyanyian nyanyian dan melulu nyanyian. selain menjawab kebutuhan FG+1 Team, seperti biasa Pak Bram juga berbagi cerita atau justru mendengarkan cerita dari kami (murid-muridnya). berhubung aku yang baru pulang dari dua perjalanan, maka ya giliranku yang lebih banyak bercerita. termasuk dampak Suluk Manyura di Perairan Lepas Barat Sumatera dan Kingkin yang mengundang airmata.

tanpa merasa sungkan, bahkan sebenarnya cuma sekedar bermaksud mengulang kejadian, aku membawakan Kingkin secara tunggal diiringi permainan gender Pak Bram. tidak terlalu keras, FG+1 pun ikut merekam, tapi aku sungguh sama sekali tak pernah membayangkan apa yang terjadi begitu aku mengakhiri nyanyian trenyuh Rahwana ini. Pak Bram mbrebes mili. lama, bukan cukup lama. bahkan ketika ingin menjelaskan makna lagu itu pada Tamu Kelas kami hari ini, hampir pecah tangisnya.

aku tidak mau melanjutkan apa-apa. adanya jelas-jelas bingung meski sebenarnya bisa mengerti juga jika sampai itu kejadiannya. Pak Bram mengerti benar makna lagu itu, pun mengerti rasanya pria yang sesetia itu pada keyakinannya. namun, tetap saja, aku kok ya merasa bersalah T__T

(foto oleh: kuke)
(foto oleh: kuke)
Leave a Reply

