mengAngin hingga Mentawai: Bu, aku ingin jadi Peselancar

Bu, aku sudah pulang ke rumah, sudah berganti pakaian, sudah pula makan siang dan mengerjakan tugas yang diberikan Ibu Guru tadi di sekolah. Piring dan gelas yang aku gunakan tak lupa aku cuci, Bu. Karena itu, aku yakin kau pasti akan mengizinkan aku bermain di Jati kan?

Bu, seperti pernah aku sampaikan, aku ingin sekali bisa berselancar seperti Turis – turis Asing yang sering aku lihat itu. Mereka keren! Badannya kekar berkotak, gagah dalam lihatanku. Belum lagi mereka menjulang begitu tinggi meski tak sampai mengalahkan tiang listrik. Setiap kali mereka beraksi dengan papan selancarnya, rasaku mereka tak hanya membelah gelombang. Mereka hebat, seperti menyentuh langit. Besar nanti, aku ingin seperti itu. Biar jadi juara, biar terkenal, dan biar ada kesempatan melihat tempat – tempat berombak besar lainnya yang sempat aku tanyakan pada Ibu Guru Geografi di mana tempatnya. Mungkin Ibu tak percaya, tapi aku sudah menandainya di peta yang ada dalam kelas.

O iya, Bu, sebagaimana kita sama paham, tak ada kata ‘pasti’ untuk urusan cuaca di Sipora ini. Maka nanti, jika kebetulan Ibu melihat aku masih berada di dalam air, bersama kawan-kawan menunggu ombak, dan pada saat itu hujan sedang turun dengan derasnya disertai angin kencang, janganlah Ibu terlalu cemas. Abang – abang di Pos Baywatch itu pasti akan menolong seandainya aku dan kawan – kawanku tertimpa kesusahan. Aku lahir dikepung laut, maka tak mungkin laut menyakitiku, begitu kan Ibu sering bilang?

Baiklah, Bu, aku pergi dulu. Doakan aku ya, Bu, agar tak mudah lelah dengan kegagalan – kegagalan sebelum nanti akhirnya aku menjadi jauh lebih mahir lagi membelah ombak dengan papan selancar itu. Karena aku yakin inilah kuncinya agar aku dapat mewujudkan impian – impianku yang berikutnya. Doakan aku ya, Bu. Aku ingin sekali membahagiakanmu dan kuyakin inilah jalannya.

(foto oleh Kuke)

Leave a Reply

