gebu Kegelapan

Kadang-kadang sebuah kalimat, sebuah paragraf, mengetuk hati kita untuk merenung lebih dalam. Bukan untuk menjawab lebih cepat.“, begitu GM (Goenawan Mohamad) berkata.

dan aku sebenarnya lebih suka jika Pagi terkuak lebih perlahan dari gelap, lebih pekat, dengan dingin yang lebih lebih lebih lagi menyengat. biar apa? biar orang-orang terketuk untuk menghargai kehangatan Kehidupan tanpa lupa masih ada Kegelapan yang sesekali ingin diakui, bukan sekedar ditinggal tidur atau dikeluhi.

apa kau tahu bahwa Kegelapan suka jika diajak berbincang, suka diajak berdiskusi, suka diajak sama merenungi dalam sepi bahkan gelak-tawa? pernah kau lihat Kegelapan terpingkal-pingkal pasal canda yang biasanya hanya digulirkan dalam Kehangatan yang terang? apa kau tahu Kehangatan sangat suka jika tak terus-menerus diriuhi apresiasi berlebihan, dinikmati dan disyukuri dalam sebentuk senyum dan diam. pernah kau lakukan?

saat ini, di sini, anehnya, aku sedang sangat berharap Gerhana datang lalu gelaplah Semesta di sekitaran tempat ini, juga tempat-tempat yang terlalu sering aku lalui. biar Matahari dan Rembulan tak perlu terburu melepaskan pelukan rindunya. biar semua hati riuh dalam diam, bukan sebaliknya — terlalu riuh dalam riuh yang terlalu kosong memuakkan.

ya, memang, sesungguhnya aku akan terancam mati jika memaksa berdiam dalam Kegelapan dengan dingin yang terlalu pekat. dalam kesadaran, aku paham. tapi aku saat ini begitu menginginkannya datang. biar mati segala yang memuakkan. termasuk jika itu adalah aku yang ternyata begitu memuakkan 🙂 apa alasannya sehingga harus begitu ditakutkan?

Kadang-kadang sebuah kalimat, sebuah paragraf, mengetuk hati kita untuk merenung lebih dalam. Bukan untuk menjawab lebih cepat.“, keseutuhannya terus mengiang. dan kau sebenarnya tak perlu berkata apa-apa. terlebih jika sama sekali tak paham apa maksud kesemua yang terbaca dihadapanmu saat ini tepatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s