waktu coba-coba mengenal Hermeneutika

menurut saya, setiap orang harus bertanggung jawab terhadap apa yang diketahuinya. sekecil apa, sesedikit apa, tetap ada nilai pertanggungjawabannya. bentuknya rupa-rupa: bisa dengan menyampaikan kembali atau malah menjadikannya sesuatu yang lebih bernilai guna ketimbang sekedar disampaikan. semua itu bisa saling menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing diri.

Hermeneutika mengambil peran pada tempatnya. dapat keleluasaan atau tidak, ia ada di setiap celah pemahaman yang menghampiri pemikiran Manusia. saya tak segan bilang bahwa kurang benar jika sebagian pihak merasa begitu eksklusif berhak penuh atas Hermeneutika. saya tak merasa takut untuk menyatakan bahwa kurang tepat jika kemudian menyatakan ia hanya milik para Filsuf saja. toh pada kenyataannya, bisa jadi ia terlahir bersamaan dengan penyertaan Hermes di setiap kelahiran insan ke Dunia. tak ada yang bisa mengingkarinya. meski, ya itu tadi, tidak di setiap wadah ia dapat keleluasaan yang sama. berbeda-beda. termasuk tingkat kemahiran mengaplikasikannya.

kembali, bahwa setiap orang harus bertanggung jawab terhadap apa yang diketahuinya. sekecil apa, sesedikit apa, tetap ada nilai pertanggungjawabannya. bahkan ketika kemudian tersadar sedang terjebak Pusaran Hermeneutika, tak boleh melepaskan sedikit pun kewajibannya. karena tepat ketika kewajiban itu ditunaikan, pusaran dahsyat itu akan melepaskan siapa pun yang dengan sadar/tidak masuk kedalamnya.

– – – – – – –
hasil pengendapan tentang sesuatu yang berada di ambang paham dan belum paham. Bandung. meninggalkan Bandung. pulang ke Bandung. perbincangan dengan Bapak Matahari. entah apa akan mengerucut pada kemurnian paham atau hanya sebatas berjabat tangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s