laku

entah bagaimana awalnya. lebih seringnya aku begitu saja terlupa. perjalananku menjadi apa. penjelmaanku menjadi siapa. pemaknaanku akan bagaimana. dan tak jarang aku terpikir untuk minta penjelasan selengkap-lengkapnya dari Tuhan. yaaa, tentang aku inilah. biar aku tahu mengendalikan. biar aku paham mana-mana celah agar tidak kebablasan. tapi, perputaran demi perputaran malah tak langsung mengerucutkanku pada jawaban yang aku inginkan. Tuhan malah semakin senang mengajakku bermain-main demi menyelesaikan pelajaran demi pelajaran. sehingga, semakin lama dan lama, aku memilih untuk menerima juga berkompromi sepanjang aliran. apalah aku sampai ingin sebenar-benarnya tahu segala yang Tuhan simpankan dalam nyawa dan jiwaku? siapalah aku sampai ingin sepenuh-penuhnya meraup segala yang Tuhan ramu?

setiap mili jarak yang aku tempuhi – setiap jengkal panorama yang aku serakahi – setiap titik Air dan Udara yang aku serap dan hirupi – setiap butir Matahari yang aku rengkuhi – setiap purna Bulan yang aku kagumi – setiap kemeriahan Bintang dan Pepohonan yang aku sayangi – setiap apa dan siapa yang aku temui.

di titik ini aku telah sampai, Tuhan. di kesadaran ini aku terdampar dan tersenyum panjang. Laku yang Kau tetapkan sesungguhnya berkulit Perjalanan tanpa Kau permasalahkan dekat – jauhnya pencapaian ^_^ *tunduk. sujud*

(foto oleh Gelar Taufiq Kusumawardhana)
(foto oleh Gelar Taufiq Kusumawardhana)

. .

. .

*Laku (bahasa Jawa) bisa diartikan sebagai perbuatan, bisa juga diartikan sebagai kegiatan semacam ibadah. untuk tulisan sederhana ini, aku menempatkannya sebagai ‘ibadah’ ~_~


*Perjalanan yang dimaksud di sini tidak identik dengan menempuhi ribuan Kilometer ke tempat-tempat terjauh dari Kotak Rutin Kesekarangan. bahkan bergerak 10 Meter saja ke sisi Kiri-mu bisa jadi sebuah Perjalanan penuh kesan dan pelajaran
~.*

Leave a Reply

