tak ada

apa yang harus aku katakan ketika darahku sendiri mencabut kehidupan dalam jiwaku? tak ada. sama sekali tak ada. bahkan tak bisa kusesalkan kesemuanya dalam titik-titik airmata terakhir yang aku punya. karena cuma itulah yang bisa aku nyatakan. tak ada.

dalam kewarasan yang tersisa. dalam serentetan cita-cita yang mungkin bisa jadi terlemah denyutnya. dalam keyakinan yang justru digerogoti sedikit demi sedikit oleh keyakinan itu sendiri. apa pula yang masih harus aku katakan pada kalian yang sesungguhnya mana bersedia mengerti selain sekedar klarifikasi dan kemudian mempergunjingkan sepuasnya? tak ada. sama sekali tak ada. entah apa yang bersedia hidup pun, tak ada.

maka kemudian ke mana aku melangkah? tak ada meniadakan seluruhnya. tak ada meluruhkan utuh tanpa punya unggah-ungguh. sudah. semuanya mati dalam kehidupanku yang masih berumur. tak ada kepastian kapan kembali. ya kehidupan itu dalam dirinya sendiri. karena sudah tak ada. sama sekali ada. sebenar-benarnya. tak ada.

2 thoughts on “tak ada”

Leave a Reply

