ada Senja tak Jingga

Ibuku bercerita tentang Senja yang tak Jingga. sambil menanak Nasi cukup seBakul. sambil menggoreng Ikan cukup sePiring Kaleng kecil. sambil mengulek Sambal biar kami berempat lahap makan berlanjut tidur nyenyak. sambil memainkan musik pengiring berupa derak-derak Amben Anyaman yang kini sedang jadi bagian Dapurnya. Malam nanti, itulah Kasur kami.

Ayahku masih di Bibir Teluk. terus memanen Abu dari dasar dan atas Laut. terus bernyanyi biar Angin tak galak seketika. Adikku yang turut di Perahu Kayu tertawa-tawa menyulut Penerangan sembari berjudi akan teraihnya Biru. maka larilah aku ke Dermaga ketika lambaiannya sampai di kedua mataku. sambil lepaslah kedua Sandal Jepit yang beda warna satu sama lain. sambil lepaslah Doraemon yang membungkus tubuhku. Ibuku teriak pasal aku yang serampangan. debur Air sudah jadi jawabannya.

aku memang tak mau menanti di Dermaga. takut rasanya bila benar cerita Ibu bahwa Senja tak Jingga itu ada. itulah kenapa. biarkan saja untuk sementara itulah asalnya kenapa sudah kurenangi saja Kedamaian Teluk sampai batas Perahu Ayah. pun bila tetap harus kudapati kenyataan ada Senja tak Jingga, telah kucumbui mesra Laut yang kuyakini selalu dicintai kehangatan penghantar tertutupnya sepasang Kelopak Mata Matahari hingga tiba Pagi berikutnya.

Ibuku bercerita tentang Senja yang tak Jingga. Ayahku meninggalkan Bibir Teluk dengan Perahu Kayu penuh Abu dan sisa Biru. Adikku bantu menghangatkan tubuhku yang berenang cukup jauh. kami membiarkan lihatan kami dilibas kenyataan seperti cerita Ibu. ada Senja tak Jingga.

ada Senja tak Jingga. Teluk Kiluan. 2010 (foto oleh Kuke)
ada Senja tak Jingga. Teluk Kiluan. 2010 (foto oleh Kuke)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s