[tik tok, tik tok]

menjelang Sore. Gelar mengantarkan ke Kedai. sekitar pukul 14.30 dari Kalidam. tak kencang. tak terlalu pelan. sampai kemudian kami sama terhenti di satu punggung yang lewat tak jauh dari sisi Pinky Mio.

SEKOLAH ADALAH PERSIAPAN UNTUK MENGANGGUR

aku bergegas mengambil si Ungu yang kebetulan ada di Tas Selempang. mengatur sedikit. baru kemudian Gelar yang sudah mengerti mulai mencarikan posisi agar aku bisa memotret temuan kami itu. hampir saja target kami hilang. untungnya masih terkejar dan dapatlah satu jepretan.

ada pemberontakan kecil di hati. buatku: ini salah! ya, pernyataan, pemikiran (sekolah adalah persiapan untuk menganggur) itu salah. entah pendapat lain orang. entah kata mereka-mereka yang mengkomersilkan pendidikan. buatku, jika kalimat ini terus menjadi terbiasa dibaca publik, maka menjadi Racun lah ia. tertanam. memancing pembenaran. padahal apa iya? apa iya harus dibenarkan? kacau!

oke. baiklah. memang pada kenyataannya itulah yang terus terjadi di negara ini (baca: Indonesia. entah dengan negara lain). lama kelamaan Lembaga/Institusi/Universitas/Sekolah Tinggi macam beramai-ramai menyeragamkan diri sebagai Pabrik Penghasil Pekerja. dengan perbandingan Jumlah Ketersediaan Lapangan Kerja dengan Tenaga Kerja yang terus-menerus diproduksi, makin mirip sebagai Pabrik Penghasil Pengangguran malah. lalu apa hal ini akan terus dilanggengkan? apa benar-benar ingin menanamkan bahwa Pencapaian Tertinggi setelah bersekolah itu adalah Pekerjaan Bergengsi di Perusahaan Bergengsi dengan Gaji Bergengsi?! argh! menggemaskan!

entahlah. entahlah. aku sendiri, dalam kebebasanku, juga berdiri sebagai seorang Pengajar yang bercita-cita kuat menjadi Pendidik. aku sendiri, dalam kebebasanku, selama dua hari dalam seminggu, sepanjang empat SKS kelas dan satu SKS praktikum, menjadi bagian dari sebuah Institusi yang kini membuatku berpikir ribuan kali menganut paham manakah ia.

tapi satu hal yang pasti, yang aku inginkan segera adalah: JANGAN SEKALI PUN BERPIKIR UNTUK MENGALAMI (menganggur) ITULAH KAMU BERSEKOLAH! bukan pula semata agar kamu bisa PUNYA PEKERJAAN BERGENGSI dan KAYA RAYA MUDAH. rasanya.. itu menyakitkan..

(foto oleh Kuke)
(foto oleh Kuke)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s