[diam]

tak akan bagus jika aku diam. itu katanya. penilaian mereka-yang-entah-siapa-atau-bisa-siapa-saja sebenarnya. tapi semakin tak akan bagus kata siapa pun, aku akan semakin menarik diri dan diam. dengan senyum. tanpa senyum. dengan ceria, tanpa ceria. terlihat bagus. terlihat tak bagus. aku akan diam ketika hatiku menitahkan begitu. bukankah diam adalah salah satu hak pribadi yang tak pantas ditepikan mengatasnamakan kepentingan entah-siapa-saja-pastinya-bukan-diri-sendiri? jadi. aku ingin diam. ya. aku diam 🙂 meski diam bukan berarti tak bicara.

tak tahu ada gelegak sebesar apa yang sedang membuat segalanya berubah tempat. tak yakin juga ini adalah akhir kehidupan yang membuat seketika meruahlah pertobatan-pertobatan juga helatan akbar rupa-rupa. bergegas mencuatkan diri. bergegas menyatukan dua. bergegas gempita ke sana ke sini. bergegas menggerombolkan diri untuk kans tercatat dalam sejarah. bergegas rakus (bahkan mengatasnamakan suci) dengan dalih yang sama, mumpung yang sama. sebelum akhir masa datang katanya. biar tak menyesal kilahnya. biar entah apa-apa saja yang rasanya malah memualkan, memuakkan, mengundang keringat dingin. sakit. seluruhku nyeri. tak terkurangi obat apapun. sampai aku merasa lebih baik menarik diri dan diam. ya. aku memutuskan diam. meski diam bukan berarti tak memproduksi suara 🙂

tak ragu lagi aku ingin punya lebih banyak waktu berbincang dengan Tuhan, Semesta, kecuali Manusia. Langit, Udara, Air, Tanah, Tetumbuhan, Semut, siapa sajalah kecuali Manusia. dalam diam. pada frekuensi yang sama. tanpa kepentingan apa pun selain keseimbangan Hidup yang makin condong pada kepentingan Manusia saja. aku butuh. perbincangan dan kebersamaan itu. sebelum aku berubah jadi abu terbiarkan larung. karena semakin sakit. karena utuh menyeri. tak satu obat mampu jadi sakti. selain diam itu sendiri. ya. sakti. meski diam bukan berarti tak peduli 🙂

Leave a Reply

