suatu hari di Common Room

26 November 2011. Sepulang dari rumah orang tuanya Vega di Lembang, kami bertiga: aku – Gelar – Rony, langsung bertolak ke Kyai Gede Utama yang tak terlalu jauh dari kawasan jalan utama Dago. Sudah terlambat sebenarnya, sudah lewat pukul 3 sore. Tapi tidak boleh tidak, karena aku sudah berjanji pada Pak Bachtiar untuk datang dan mengambil “pesanan”. Sementara Gelar dan Rony punya urusan lain.

Setibanya kami bertiga di sana, diskusi santai tampaknya belum lama berjalan. Cukup ramai. Pembicara pertama langsung dengan mudah menarik hatiku. Beliau adalah Pak Munasri, Peneliti Puslit Geotek LIPI. Kesan bersahaja begitu kuat. Meski begitu, Pak Aci (atau panggilan akrab dari Pak Bach adalah Bang Aci) ini termasuk kategori keren! Terutama ketika beliau mulai memperlihatkan materi peraga yang menurutku kereeen sekali! Coba lihat peraga yang sedang dipegangnya itu (lihat foto di bawah yaaa). Peraga tersebut didesain sedemikian rupa agar dapat digunakan oleh anak-anak usia Taman Kanak-kanak dan/atau Sekolah Dasar untuk mengenalkan Struktur Lapisan Bumi, perihal Pergeseran Lempeng, dll (sebagai bagian dari rangkaian kegiatan mitigasi bencana) kepada teman-teman sebaya mereka. Bahasanya tidak njelimet, tapi (diharapkan) tetap bisa memenuhi kebutuhan pengetahuan mereka, sekaligus membangun kesadaran (utamanya) karena mereka tinggal di area Cekungan Bandung. FYI: peraga semacam itu sudah diujicobakan sendiri loh oleh Pak Aci. Keren kan??

Diskusi Mitigasi Kebencanaan di Cekungan Bandung - Common Room Bandung (foto oleh si Kuke)
Diskusi Mitigasi Kebencanaan di Cekungan Bandung - Common Room Bandung (foto oleh si Kuke)
.

Oh iya, ketika akan menutup penyampaian materinya, Pak Aci memperlihatkan satu kalimat yang sangat dikenal di Jepang sana (terkait dengan kondisi rawan gempa & tsunami yang melingkupi negara tersebut ), yaitu: 備え あれ ば 憂い なし (sonae areba urei nashi) yang artinya (kira-kira) kalau sudah bersiap, tak perlu lagi cemas, tak perlu lagi ada tangisan.

Nah, kapan-kapan ayo ikutan diskusi santai-tapi-berbobot macam ini lagi yuk ^.^v dan maaf jika kali ini tidak ada banyak pembahasan tentang penyampaian materi dari Pak Bachtiar. Bukan, bukan kalah berbobot. Tapinya yaaa.. emm.. ya karena aku sedang jatuh suka dengan perwujudan tindakan preventif ala Pak Aci *hihihi*

Sampai jumpaaa..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s